LPJ (Laporan Penanggungjawaban) Donor Darah Sukarela
LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
DONOR DARAH
SMA NEGERI 1 KEPANJEN
PALANG MERAH REMAJA
UNIT SMA NEGERI 1 KEPANJEN
Jl. Jendral
Ahmad Yani No. 48 Kepanjen Telp. (0341)395122
Kode pos 65163
Desember 2016
Kata Pengantar
Puja dan puji syukur
kami panjatkan kehadirat Allah S.W.T dan sholawat serta salam kepada
junjungannya Nabi Muhammad S.A.W , karena atas izin-Nya Laporan
Pertanggungjawaban ini dapat kami selesaikan dengan baik.
Tujuan kami dalam membuat Laporan Pertanggungjawaban
ini adalah sebagai laporan hasil-hasil dari pelaksanaan Donor Darah yang telah
dilaksanakan, sebagai bentuk pertanggungjawaban secara tertulis dalam kegiatan
DONOR DARAH di SMA Negeri 1 Kepanjen.
Kami selaku penyusun mengucapkan
banyak terima kasih kepada bapak/ibu guru beserta teman-teman yang telah memberikan
izin, do’a, dan restu serta partisipasinya dalam kegiatan DONOR DARAH SMA Negeri 1
Kepanjen.
Kami menyadari, dalam laporan ini
masih banyak kekurangan. Segala bentuk saran dan kritik yang bersifat
konstruktif sangat kami harapkan guna kesempurnaan laporan kami di masa-masa
mendatang.
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Saat ini banyak orang yang membutuhkan darah demi
kesehatan mereka. Namun, tidak semua darah dapat begitu saja diterima
dikarenakan adanya golongan darah dan pembagian resus darah. Dikarenakan
kebutuhan yang tinggi tersebut, tentu diperlukan persediaan darah yang
mencukupi. Dalam rangka mengisi stok darah tersebut, maka diadakanlah acara
donor darah yang rutin dilakukan. Donor darah juga dilaksanakan dikarenakan
tidak adanya inovasi manusia yang dapat menggantikan peran darah.
Kegiatan donor darah dilaksanakan mengingat di SMAN
1 Kepanjen mayoritas siswa sudah memenuhi usia ideal untuk mendonorkan darahnya
ditambah dengan guru, staf dan karyawan. Selain itu, minimnya pengetahuan
masyarakat tentang donor darah dan prosedurnya menjadi salah satu alasan kami.
Karena dengan diadakan kegiatan donor darah ini, otomatis akan menambah
pengetahuan tentang apa itu donor darah dan juga prosedur-prosedurnya.
1.2 TUJUAN KEGIATAN
1. Merealisasikan program kerja PMR
dan OSIS SMA Negeri 1 Kepanjen periode
2016-2017.
2. Memberikan pengetahuan seputar
prosedur, manfaat dan persyaratan donor darah kepada warga SMA Negeri 1
Kepanjen.
3. Meningkatkan rasa kepedulian
terhadap terhadap sesama.
4. Mengisi stok bank darah PMI
Kabupaten Malang.
5. Menjalin silaturahmi antar
sesama warga SMAN 1 Kepanjen.
1.3 HASIL YANG DIHARAPKAN
1. Seluruh warga SMA Negeri 1
Kepanjen menjadi lebih mengerti tentang apa itu donor darah serta tujuan,
prosedur, manfaat dan persyaratan donor darah.
2. Seluruh warga SMA Negeri 1
Kepanjen menjadi lebih peduli terhadap sesama, terutama pada orang yang
membutuhkan.
1.4 SASARAN KEGIATAN
Seluruh warga SMA Negeri 1 Kepanjen
terutama yang telah memenuhi persyaratan untuk menjadi seorang pendonor.
BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN
2.1 NAMA
KEGIATAN
Kegiatan yang telah kami laksanakan ini adalah
Kegiatan “DONOR DARAH SMAN 1 Kepanjen”.
2.2 TEMPAT
KEGIATAN
Kegiatan DONOR DARAH SMA Negeri 1 Kepanjen ini
dilaksanakan di Aula SMA Negeri 1 Kepanjen.
2.3 WAKTU
PELAKSANAAN
Hari dan Tanggal :
Rabu, 14 Desember 2016
Waktu :
08:00 WIB s/d selesai
Hari/Tanggal
|
Waktu
|
Acara
|
Penanggung jawab
|
Rabu, 14 Desember 2016
|
08.00-08.15
|
Persiapan
|
Delia
|
08.15-11.45
|
Donor Darah
|
Delia
|
|
11.45-12.15
|
Ishoma
|
Septiana
|
|
12.15-13.30
|
Donor Darah
|
Delia
|
|
13.30
|
Selesai
|
Septiana
|
2.4 PESERTA
Peserta
adalah warga SMA Negeri 1 Kepanjen dengan rincian sebagai berikut :
Panitia :
Anggota PMR WACESADHANA
Pendonor :
No
|
Peserta
|
Jumlah
|
||
Pendaftar
|
Memenuhi Syarat
|
Tidak Memenuhi Syarat *)
|
||
1.
|
Guru dan Staf
|
9
|
4
|
5
|
2.
|
Kelas XI
|
32
|
13
|
19
|
3.
|
Kelas XII
|
52
|
27
|
25
|
TOTAL
|
93
|
44
|
49
|
*) : Sebab-sebab beberapa pendaftar
donor darah di SMAN 1 Kepanjen ditolak untuk sementara waktu :
1.
Tekanan darah
(hypertensi dan hypotensi).
2.
Dalam masa
Menstruasi.
3.
Dalam masa
pengobatan.
4.
Kesehatan kurang
baik (flu, demam, dan batuk).
5.
Berat badan di
bawah 45 kg.
6.
Telah
mendonorkan darahnya dalam kurun waktu kurang dari 3 bulan.
Adapun nama-nama panitia dan
pendaftar donor darah terlampir pada lampiran I laporan ini.
2.5
LAPORAN ACARA
a. Kegiatan :
Persiapan
Waktu : 08:00 – 08:15
Tempat : Aula SMA Negeri 1 Kepanjen
Pelaksanaan :
1)
Panitia
membersihkan Aula.
2)
Panitia memasang
spanduk yang bertuliskan tema kegiatan donor darah “TETES DARAHMU DIBUTUHKAN
SESAMAMU”.
3)
Panitia
mempersiapkan segala keperluan Sie Kesekretariatan untuk pendaftaran calon
pendonor.
4)
Panitia menunggu
petugas PMI selama 15 menit dan digunakan untuk mempersiapkan keperluan yang
belum terselesaikan.
5)
Panitia membantu
mempersiapkan peralatan petugas PMI yang digunakan untuk proses Donor Darah.
b.
Kegiatan : Acara Pokok
Waktu : 08:15 – 13:30
Tempat : Aula SMA Negeri 1 Kepanjen
Pelaksanaan :
1)
Peserta membaca
persyaratan donor darah yang disediakan oleh panitia, Adapun persyaratan
menjadi pendonor antara lain :
a)
Kesehatan : umum
baik, tidak sedang demam, batuk atau flu.
b)
Umur 17-60 tahun
c)
Berat badan
minimal 46 kg untuk pendonor pertama kali atau 45 kg untuk yang sudah pernah
mendonor.
d)
Tekanan Darah
ü Systole :
100 – 180
ü Diastole :
60 – 100
e)
Interval donor :
minimal 12 minggu ( 3 bulan )
Adapun
peserta ditolak untuk mendonorkan darah sementara waktu apabila :
a)
Sedang sakit demam
atau influenza, tunggu 1 minggu setelah sembuh.
b)
Setelah cabut
gigi atau operasi gigi, tunggu 3 hari
setelah sembuh.
c)
Sesudah operasi
kecil, tunggu 6 bulan.
d)
Sesudah operasi
besar, tunggu 12 bulan.
e)
Setelah
tranfusi, tunggu 1 tahun.
f)
Setelah tatto,
tindik telinga, dan akupunr, tunggu 1 tahun.
g)
Menderita
penyakit menular, seperti : Chicken Pox Campak, Dengue, tunggu 6 bulan.
h)
Kontak erat
dengan penderita Hepatitis, tunggu 6 bulan.
i)
Kehamilan
normal, tunggu 6 bulan setelah persalinan.
j)
Sedang menyusui.
k)
Infeksi kulit
pada daerah vena yang akan ditusuk, tunggu 1 minggu setelah sembuh.
l)
Gejala Alergi,
tunggu 1 minggu setelah alergi hilang.
m)
Sesudah
transplansi kulit, tunggu 1 tahun.
n)
Wanita yang
sedang menstruasi, tunggu sampai menstruasinya selesai. min: 5 hari setelah
menstruasi.
2)
Bagi peserta
yang memenuhi syarat, mengisi fomulir donor darah, setelah itu diukur berat
badan.
3)
Peserta menunggu
giliran, di kursi yang telah disediakan atau bisa berfoto di tempat yang sudah
disiapkan.
4)
Peserta
dipanggil satu persatu untuk entry data PMI, pemeriksaan golongan darah ( untuk
yang belum mengetahui ) dan pemeriksaan kadar Hb (Hemoglobin).
5)
Peserta yang
kadar hemoglobinnya normal, menuju tempat pengambilan darah dan diperiksa
terlebih dahulu tekanan darahnya. Jika tekanan darahnya normal langsung diambil
darahnya.
6)
Bagi peserta
yang telah mendonorkan darahnya, mendapatkan sebungkus makanan ringan penambah
energi yang berisi telur asin, pocari sweat, malkist roma, obat penambah darah
dan bintang toedjoe panas dalam.
7)
Panitia
membagikan sticker sebagai tanda partisipasi dalam kegiatan donor darah.
c. Kegiatan : Penutupan
Waktu :
13:30
Tempat :
Aula SMA Negeri 1 Kepanjen
Pelaksanaan :
1)
Panitia
memberikan konsumsi pada petugas PMI.
2)
Panitia membantu
petugas PMI merapikan peralatan yang telah digunakan dalam pelaksanaan donor
darah.
3)
Panitia dan
petugas PMI berfoto bersama dan saling berjabat tangan untuk mengucapkan
terimaksaih serta memohon maaf atas
segala kekurangan pada saat pelaksanaan.
4)
Panitia
mengembalikan kursi yang telah digunakan dalam pelaksanaan donor darah.
5)
Panitia
membersihkan Aula.
2.6
LAMPIRAN – LAMPIRAN
Dalam
laporan ini kami juga mencantumkan lampiran-lampiran yang dianggap perlu
sebagai bahan kelengkapan laporan.
BAB III
RINCIAN ANGGARAN DANA
3.1 PEMASUKAN
NO
|
RINCIAN
|
JUMLAH
|
1.
|
Dana Osis
|
Rp250.000,00
|
2.
|
Kas PMR
|
Rp200.000,00
|
TOTAL
|
Rp450.000,00
|
3.2
PENGELUARAN
NO
|
RINCIAN
|
VOLUME
|
JUMLAH
|
I
|
Sie Kesekretariatan
|
||
1.
|
Print lampiran, daftar hadir, poster
|
4 lembar @Rp 500,00
|
Rp2.000,00
|
2.
|
Fotocopy lampiran, poster, surat tugas, surat undangan guru
|
148 lembar @Rp 135,00
|
Rp20.000,00
|
3.
|
Amplop
|
1 pack
|
Rp12.000,00
|
Total
|
Rp34.000,00
|
||
II
|
Sie Konsumsi
|
||
1.
|
Nasi Kotak
|
10 kotak @Rp 15.000,00
|
Rp150.000,00
|
2.
|
Air Mineral
|
10 botol @Rp 2.500,00
|
Rp25.000,00
|
3.
|
Kue
|
10 kotak @Rp 5.000,00
|
Rp50.000,00
|
4.
|
Air Mineral
|
1 kardus
|
Rp30.000,00
|
Total
|
Rp255.000,00
|
||
III
|
Sie Perlengkapan
|
||
1.
|
Fotocopy surat peminjaman
|
7 lembar @Rp 135,00
|
Rp1.000,00
|
2.
|
Properti
|
Rp25.000,00
|
|
Total
|
Rp26.000,00
|
||
IV
|
Sie Transportasi
|
||
1.
|
Bensin
|
1 liter
|
Rp10.000,00
|
Total
|
Rp10.000,00
|
||
V
|
Sie Dokumentasi
|
||
1.
|
Banner
|
4 x 2 m
|
Rp100.000,00
|
Total
|
Rp100.000,00
|
||
VI
|
Sekretaris
|
||
1.
|
Print Proposal dan LPJ
|
28 lembar@Rp 500,00
|
Rp14.000,00
|
2.
|
Fotocopy Proposal dan LPJ
|
81 lembar @Rp 135,00
|
Rp11.000,00
|
Total
|
Rp25.000,00
|
||
TOTAL I, II, III, IV, V, VI
|
Rp450.000,00
|
BAB IV
PENUTUP
4.1 HAMBATAN
1. Acara
donor darah ini bersamaan dengan acara game pasca, sehingga perhatian peserta
terbagi.
2. Beberapa
calon pendonor ditolak karena tidak memenuhi persyaratan.
4.2 SARAN
1. Diharapkan
panitia mengadakan komunikasi terlebih dahulu dengan panitia game pasca.
4.3 KESIMPULAN
Dari
laporan yang sudah kami uraikan di awal, maka dapat diambil beberapa kesimpulan
sebagai berikut :
1. Pengurus
PMR WACESADHANA masa bhakti 2016-2017 berhasil melaksanakan salah satu program
kerjanya.
2. Laporan
Pertanggungjawaban Hasil Donor Darah ini disusun sebagai bentuk
pertanggungjawaban secara tertulis.
Demikian Laporan Pertanggungjawaban kegiatan Donor
Darah yang dilaksanakan pada tanggal 14 Desember 2016. Laporan ini kami buat
dengan fakta yang ada, tanpa menambah dan menguranginya. Atas partisipasinya
kami ucapkan terima kasih.
Komentar
Posting Komentar