LPJ (Laporan Penanggungjawaban) Donor Darah Sukarela

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
 DONOR DARAH
SMA NEGERI 1 KEPANJEN




PALANG MERAH REMAJA
UNIT SMA NEGERI 1 KEPANJEN
Jl. Jendral Ahmad Yani No. 48 Kepanjen Telp. (0341)395122
Kode pos 65163

Desember 2016


Kata Pengantar
        Puja dan puji syukur  kami panjatkan kehadirat Allah S.W.T dan sholawat serta salam kepada junjungannya Nabi Muhammad S.A.W , karena atas izin-Nya Laporan Pertanggungjawaban ini dapat kami selesaikan dengan baik.
            Tujuan kami dalam membuat Laporan Pertanggungjawaban ini adalah sebagai laporan hasil-hasil dari pelaksanaan Donor Darah yang telah dilaksanakan, sebagai bentuk pertanggungjawaban secara tertulis dalam kegiatan DONOR DARAH di SMA Negeri 1 Kepanjen.
            Kami selaku penyusun mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak/ibu guru beserta teman-teman yang telah memberikan izin, do’a, dan restu serta partisipasinya  dalam kegiatan DONOR DARAH SMA Negeri 1 Kepanjen.
            Kami menyadari, dalam laporan ini masih banyak kekurangan. Segala bentuk saran dan kritik yang bersifat konstruktif sangat kami harapkan guna kesempurnaan laporan kami di masa-masa mendatang.



Penyusun                    

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG
Saat ini banyak orang yang membutuhkan darah demi kesehatan mereka. Namun, tidak semua darah dapat begitu saja diterima dikarenakan adanya golongan darah dan pembagian resus darah. Dikarenakan kebutuhan yang tinggi tersebut, tentu diperlukan persediaan darah yang mencukupi. Dalam rangka mengisi stok darah tersebut, maka diadakanlah acara donor darah yang rutin dilakukan. Donor darah juga dilaksanakan dikarenakan tidak adanya inovasi manusia yang dapat menggantikan peran darah.
Kegiatan donor darah dilaksanakan mengingat di SMAN 1 Kepanjen mayoritas siswa sudah memenuhi usia ideal untuk mendonorkan darahnya ditambah dengan guru, staf dan karyawan. Selain itu, minimnya pengetahuan masyarakat tentang donor darah dan prosedurnya menjadi salah satu alasan kami. Karena dengan diadakan kegiatan donor darah ini, otomatis akan menambah pengetahuan tentang apa itu donor darah dan juga prosedur-prosedurnya.
1.2  TUJUAN KEGIATAN
1. Merealisasikan program kerja PMR dan OSIS SMA Negeri 1 Kepanjen periode         2016-2017.
2. Memberikan pengetahuan seputar prosedur, manfaat dan persyaratan donor darah kepada warga SMA Negeri 1 Kepanjen.
3. Meningkatkan rasa kepedulian terhadap terhadap sesama.
4. Mengisi stok bank darah PMI Kabupaten Malang.
5. Menjalin silaturahmi antar sesama warga SMAN 1 Kepanjen.
1.3  HASIL YANG DIHARAPKAN
1. Seluruh warga SMA Negeri 1 Kepanjen menjadi lebih mengerti tentang apa itu donor darah serta tujuan, prosedur, manfaat dan persyaratan donor darah.
2. Seluruh warga SMA Negeri 1 Kepanjen menjadi lebih peduli terhadap sesama, terutama pada orang yang membutuhkan.
1.4  SASARAN KEGIATAN
Seluruh warga SMA Negeri 1 Kepanjen terutama yang telah memenuhi persyaratan untuk menjadi seorang pendonor.

BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN
2.1 NAMA KEGIATAN
Kegiatan yang telah kami laksanakan ini adalah Kegiatan “DONOR DARAH SMAN 1 Kepanjen”.
2.2 TEMPAT KEGIATAN
Kegiatan DONOR DARAH SMA Negeri 1 Kepanjen ini dilaksanakan di Aula SMA Negeri 1 Kepanjen.
2.3 WAKTU PELAKSANAAN
Hari dan Tanggal      : Rabu, 14 Desember 2016
Waktu                       : 08:00 WIB s/d selesai
Hari/Tanggal
Waktu
Acara
Penanggung jawab
Rabu, 14 Desember 2016
08.00-08.15
Persiapan
Delia
08.15-11.45
Donor Darah
Delia
11.45-12.15
Ishoma
Septiana
12.15-13.30
Donor Darah
Delia
13.30
Selesai
Septiana

2.4 PESERTA
     Peserta adalah warga SMA Negeri 1 Kepanjen dengan rincian sebagai berikut        :
Panitia      : Anggota PMR WACESADHANA
Pendonor  :
No
Peserta
Jumlah
Pendaftar
Memenuhi Syarat
Tidak Memenuhi Syarat *)
1.
Guru dan Staf
9
4
5
2.
Kelas XI
32
13
19
3.
Kelas XII
52
27
25
TOTAL
93
44
49



*) : Sebab-sebab beberapa pendaftar donor darah di SMAN 1 Kepanjen ditolak untuk sementara waktu :
1.      Tekanan darah (hypertensi dan hypotensi).
2.      Dalam masa Menstruasi.
3.      Dalam masa pengobatan.
4.      Kesehatan kurang baik (flu, demam, dan batuk).
5.      Berat badan di bawah 45 kg.
6.      Telah mendonorkan darahnya dalam kurun waktu kurang dari 3 bulan.
Adapun nama-nama panitia dan pendaftar donor darah terlampir pada lampiran I laporan ini.
2.5 LAPORAN ACARA
a.  Kegiatan               : Persiapan
Waktu                  : 08:00 – 08:15
Tempat                 : Aula SMA Negeri 1 Kepanjen
Pelaksanaan          :
1)      Panitia membersihkan Aula.
2)      Panitia memasang spanduk yang bertuliskan tema kegiatan donor darah “TETES DARAHMU DIBUTUHKAN SESAMAMU”.
3)      Panitia mempersiapkan segala keperluan Sie Kesekretariatan untuk pendaftaran calon pendonor.
4)      Panitia menunggu petugas PMI selama 15 menit dan digunakan untuk mempersiapkan keperluan yang belum terselesaikan.
5)      Panitia membantu mempersiapkan peralatan petugas PMI yang digunakan untuk proses Donor Darah.
b.  Kegiatan              : Acara Pokok
Waktu                  : 08:15 – 13:30
Tempat                 : Aula SMA Negeri 1 Kepanjen
Pelaksanaan          :
1)      Peserta membaca persyaratan donor darah yang disediakan oleh panitia, Adapun persyaratan menjadi pendonor antara lain        :
a)      Kesehatan : umum baik, tidak sedang demam, batuk atau flu.
b)      Umur 17-60 tahun
c)      Berat badan minimal 46 kg untuk pendonor pertama kali atau 45 kg untuk yang sudah pernah mendonor.

d)     Tekanan Darah
ü  Systole     : 100 – 180
ü  Diastole    : 60 – 100
e)      Interval donor : minimal 12 minggu ( 3 bulan )
      Adapun peserta ditolak untuk mendonorkan darah sementara waktu apabila :
a)      Sedang sakit demam atau influenza, tunggu 1 minggu setelah sembuh.
b)      Setelah cabut gigi atau operasi gigi, tunggu 3  hari setelah sembuh.
c)      Sesudah operasi kecil, tunggu 6 bulan.
d)     Sesudah operasi besar, tunggu 12 bulan.
e)      Setelah tranfusi, tunggu 1 tahun.
f)       Setelah tatto, tindik telinga, dan akupunr, tunggu 1 tahun.
g)      Menderita penyakit menular, seperti : Chicken Pox Campak, Dengue, tunggu 6 bulan.
h)      Kontak erat dengan penderita Hepatitis, tunggu 6 bulan.
i)        Kehamilan normal, tunggu 6 bulan setelah persalinan.
j)        Sedang menyusui.
k)      Infeksi kulit pada daerah vena yang akan ditusuk, tunggu 1 minggu setelah sembuh.
l)        Gejala Alergi, tunggu 1 minggu setelah alergi hilang.
m)    Sesudah transplansi kulit, tunggu 1 tahun.
n)      Wanita yang sedang menstruasi, tunggu sampai menstruasinya selesai. min: 5 hari setelah menstruasi.
2)      Bagi peserta yang memenuhi syarat, mengisi fomulir donor darah, setelah itu diukur berat badan.
3)      Peserta menunggu giliran, di kursi yang telah disediakan atau bisa berfoto di tempat yang sudah disiapkan.
4)      Peserta dipanggil satu persatu untuk entry data PMI, pemeriksaan golongan darah ( untuk yang belum mengetahui ) dan pemeriksaan kadar Hb (Hemoglobin).
5)      Peserta yang kadar hemoglobinnya normal, menuju tempat pengambilan darah dan diperiksa terlebih dahulu tekanan darahnya. Jika tekanan darahnya normal langsung diambil darahnya.
6)      Bagi peserta yang telah mendonorkan darahnya, mendapatkan sebungkus makanan ringan penambah energi yang berisi telur asin, pocari sweat, malkist roma, obat penambah darah dan bintang toedjoe panas dalam.
7)      Panitia membagikan sticker sebagai tanda partisipasi dalam kegiatan donor darah.




c.  Kegiatan               : Penutupan
Waktu                  : 13:30
Tempat                 : Aula SMA Negeri 1 Kepanjen
Pelaksanaan          :
1)      Panitia memberikan konsumsi pada petugas PMI.
2)      Panitia membantu petugas PMI merapikan peralatan yang telah digunakan dalam pelaksanaan donor darah.
3)      Panitia dan petugas PMI berfoto bersama dan saling berjabat tangan untuk mengucapkan terimaksaih  serta memohon maaf atas segala kekurangan pada saat pelaksanaan.
4)      Panitia mengembalikan kursi yang telah digunakan dalam pelaksanaan donor darah.
5)      Panitia membersihkan Aula.
2.6 LAMPIRAN – LAMPIRAN
          Dalam laporan ini kami juga mencantumkan lampiran-lampiran yang dianggap perlu sebagai bahan kelengkapan laporan.


BAB III
RINCIAN ANGGARAN DANA
3.1 PEMASUKAN
NO
RINCIAN
JUMLAH
1.
Dana Osis
Rp250.000,00
2.
Kas PMR
Rp200.000,00
TOTAL
Rp450.000,00

3.2 PENGELUARAN

NO
RINCIAN
VOLUME
JUMLAH
I
Sie Kesekretariatan
1.
Print lampiran, daftar hadir, poster
4 lembar @Rp 500,00
Rp2.000,00
2.
Fotocopy lampiran, poster, surat tugas, surat undangan guru
148 lembar @Rp 135,00
Rp20.000,00
3.
Amplop
1 pack
Rp12.000,00
Total
Rp34.000,00
II
Sie Konsumsi
1.
Nasi Kotak
10 kotak @Rp 15.000,00
Rp150.000,00
2.
Air Mineral
10 botol @Rp 2.500,00
Rp25.000,00
3.
Kue
10 kotak @Rp 5.000,00
Rp50.000,00
4.
Air Mineral
1 kardus
Rp30.000,00
Total
Rp255.000,00
III
Sie Perlengkapan
1.
Fotocopy surat peminjaman
7 lembar @Rp 135,00
Rp1.000,00
2.
Properti

Rp25.000,00
Total
Rp26.000,00
IV
Sie Transportasi
1.
Bensin
1 liter
Rp10.000,00
Total
Rp10.000,00
V
Sie Dokumentasi
1.
Banner
4  x 2 m
Rp100.000,00
Total
Rp100.000,00
VI
Sekretaris
1.
Print Proposal dan LPJ
28 lembar@Rp 500,00
Rp14.000,00
2.
Fotocopy Proposal dan LPJ
81 lembar @Rp 135,00
Rp11.000,00
Total
Rp25.000,00
TOTAL I, II, III, IV, V, VI
Rp450.000,00


BAB IV
PENUTUP
4.1 HAMBATAN
1.      Acara donor darah ini bersamaan dengan acara game pasca, sehingga perhatian peserta terbagi.
2.      Beberapa calon pendonor ditolak karena tidak memenuhi persyaratan.

4.2 SARAN
1.      Diharapkan panitia mengadakan komunikasi terlebih dahulu dengan panitia game pasca.

4.3 KESIMPULAN
Dari laporan yang sudah kami uraikan di awal, maka dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut :
1.      Pengurus PMR WACESADHANA masa bhakti 2016-2017 berhasil melaksanakan salah satu program kerjanya.
2.      Laporan Pertanggungjawaban Hasil Donor Darah ini disusun sebagai bentuk pertanggungjawaban secara tertulis.


Demikian Laporan Pertanggungjawaban kegiatan Donor Darah yang dilaksanakan pada tanggal 14 Desember 2016. Laporan ini kami buat dengan fakta yang ada, tanpa menambah dan menguranginya. Atas partisipasinya kami ucapkan terima kasih.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Thaharah menurut Imam Maliki

Pendidikan lingkungan hidup (PLH) tentang polusi tanah