Proposal Kegiatan Donor Darah


PROPOSAL
DONOR DARAH SMA NEGERI 1 KEPANJEN





PALANG MERAH REMAJA
UNIT SMA NEGERI 1 KEPANJEN
Jl. Jendral Ahmad Yani No. 48 Kepanjen Telp. (0341)395122
Kode pos 65163

Desember 2016


Kata Pengantar
        Puja dan puji syukur  kami panjatkan kehadirat Allah S.W.T dan sholawat serta salam kepada junjungannya Nabi Muhammad S.A.W , karena atas izin-Nya proposal ini dapat kami selesaikan dengan baik.
            Tujuan kami dalam membuat proposal ini adalah sebagai laporan dalam bentuk tulisan untuk mengadakan kegiatan DONOR DARAH di SMA Negeri 1 Kepanjen demi mewujudkan warga sekolah yang peduli terhadap diri sendiri dan sesama.
            Kami selaku penyusun mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak/ibu guru beserta teman-teman yang telah memberikan izin, do’a, dan restunya untuk kegiatan DONOR DARAH SMA Negeri 1 Kepanjen.
            Kami memohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan yang ada di dalam proposal ini, dikarenakan kami masih dalam tahap belajar.
            Harapan kami dalam pembuatan proposal ini agar proposal ini dapat diterima, sekaligus kegiatan DONOR DARAH yang akan kita laksanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar.
            Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.




Penyusun                    


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG
Saat ini banyak orang yang membutuhkan darah demi kesehatan mereka. Namun, tidak semua darah dapat begitu saja diterima dikarenakan adanya golongan darah dan pembagian resus darah. Dikarenakan kebutuhan yang tinggi tersebut, tentu diperlukan persediaan darah yang mencukupi. Dalam rangka mengisi stok darah tersebut, maka diadakanlah acara donor darah yang rutin dilakukan. Donor darah juga dilaksanakan dikarenakan tidak adanya inovasi manusia yang dapat menggantikan peran darah.
Kegiatan donor darah dilaksanakan mengingat di SMAN 1 Kepanjen mayoritas siswa sudah memenuhi usia ideal untuk mendonorkan darahnya ditambah dengan guru, staf dan karyawan. Selain itu, minimnya pengetahuan masyarakat tentang donor darah dan prosedurnya menjadi salah satu alasan kami. Karena dengan diadakan kegiatan donor darah ini, otomatis akan menambah pengetahuan tentang apa itu donor darah dan juga prosedur-prosedurnya.
1.2  TUJUAN KEGIATAN
1. Merealisasikan program kerja PMR dan OSIS SMA Negeri 1 Kepanjen periode         2016-2017.
2. Memberikan pengetahuan seputar prosedur, manfaat dan persyaratan donor darah kepada warga SMA Negeri 1 Kepanjen.
3. Meningkatkan rasa kepedulian terhadap terhadap sesama.
4. Mengisi stok bank darah PMI Kabupaten Malang.
5. Menjalin silaturahmi antar sesama warga SMAN 1 Kepanjen.
1.3  HASIL YANG DIHARAPKAN
1. Seluruh warga SMA Negeri 1 Kepanjen menjadi lebih mengerti tentang apa itu donor darah serta tujuan, prosedur, manfaat dan persyaratan donor darah.
2. Seluruh warga SMA Negeri 1 Kepanjen menjadi lebih peduli terhadap sesama, terutama pada orang yang membutuhkan.
1.4  SASARAN KEGIATAN
Seluruh warga SMA Negeri 1 Kepanjen terutama yang telah memenuhi persyaratan untuk menjadi seorang pendonor.

BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN
2.1 NAMA KEGIATAN
Kegiatan yang telah kami laksanakan ini adalah Kegiatan “DONOR DARAH SMAN 1 Kepanjen”.
2.2 TEMPAT KEGIATAN
Kegiatan DONOR DARAH SMA Negeri 1 Kepanjen ini dilaksanakan di Aula SMA Negeri 1 Kepanjen.
2.3 WAKTU PELAKSANAAN
Hari dan Tanggal      : Rabu, 14 Desember 2016
Waktu                       : 08:00 WIB s/d selesai
2.4 PESERTA
          Seluruh sukarelawan warga SMAN 1 Kepanjen yang telah memenuhi persyaratan donor dan tulus ikhlas dalam mendonorkan darahnya.
2.5 SUSUNAN PANITIA
2.5 1 GURU
Penanggungjawab                               : Drs. H. Maskuri
Wakil penanggungjawab                     : Drs. Budi Hartono
Pembina PMR                                     : Gianto, S.Pd
Pembina UKS                                     : Nur Haidah, S.Pd
                                                               Linda Dwi C, Amd.Kep
2.5.2 SISWA
Penanggungjawab pelaksana               : Lentra Rizky Ananda Pratama
Wakil Penanggungjawab pelaksana    : Regin Salsabilla Hidayat
Ketua panitia                                       : Gulut Hotul Sholiha
Wakil ketua panitia                             : Widad Lazuardi


Sekretaris 1                                          : Rinzani Cyzaria Putri
Sekretaris 2                                          : Dewi Risma Afni R.
Bendahara 1                                        : Nailizzakiyah
Bendahara 2                                        : Naili Izzati

1. Sie Humas
Koordinator                                         : Amalia Zamzabila Putri
Anggota                                              : Aimatul Asfiyah
                                                              Anisatul Fitria
2. Sie Konsumsi
Koordinator                                         : Adinda Yanuba Arifian
Anggota                                              : Vanda Rizky
3. Sie Perlengkapan
Koordinator                                         : Laila Safira
Anggota                                              : Prisma A. K.
4. Sie Acara
Koordinator                                         : Delia Nur Arinda
Anggota                                              : Septiana Ulifiah
5. Sie Dokumentasi
Koordinator                                         : Ratna Dwi Wulansari
Anggota                                              : Anis Musyaroful
6. Sie Transportasi
Koordinator                                         : Birlangga Maulidan O.
Anggota                                              : Ayu Nur A.
7.  Sie Kesekretariatan
Koordinator                                         : Hana Rosita Nury
Anggota                                              : Fika Hartanti
2.6 JOB DESCRIPTION
1. Penanggung jawab Umum
a. Bertanggung jawab langsung terhadap kelancaran pelaksanaan kegiatan.
b. Memberikan saran secara umum kepada Pembina dan Panitia pelaksanaan dalam rangka memperlancar pelaksanaan kegiatan.
2. Penanggung jawab Pelaksana
a. Mengadakan konsultasi dengan Pembina atas pelaksanaan kegiatan.
b. Memantau dan mengawasi panitia dalam melaksanakan dan mengkoordinir pelaksanaan kegiatan melalui ketua panitia.
c. Membantu ketua panitia.
3. Ketua Panitia
a. Bertanggung jawab secara langsung dalam pelaksanaan kegiatan.
b. Mengkoordinir rapat.
c. Konsultasi dengan pembina.
d. Membantu melaksanakan proses pelaksanaan kegiatan.
e. Membuat laporan kegiatan.
4. Wakil Ketua Panitia
a. Membantu tugas ketua panitia.
b. Memprioritaskan pengawasan dan pelaksanaan tugas masing-masing seksi.
5. Sekretaris
a. Melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan administrasi.
b. Membantu ketua panitia dalam membuat laporan kegiatan.
6. Bendahara
a. Mengelola dana dan keuangan dalam proses kegiatan.
b. Bertanggung jawab atas pengeluaran dan pemasukan dana.
c. Membukukan keuangan dalam membuat laporan.
d. Bekerjasama dengan sekretaris dalam membuat laporan keuangan.

7. Sie Humas
a. Mempublikasikan kegiatan kepada warga SMAN 1 Kepanjen.
b. Menghubungi Pembina dan petugas PMI Kabupaten Malang.
8. Sie Konsumsi
Menyiapkan konsumsi bagi pembina, panitia dan petugas PMI Kabupaten Malang.
9. Sie Perlengkapan
a. Mempersiapkan segala perlengkapan yang diperlukan dalam kegiatan.
b. Menunjang tugas sie lainnya.
10. Sie Acara
a. Menyusun acara.
b. Bertanggung jawab atas lancarnya acara.
c. Berkoordinasi dengan pendamping sie acara
11. Sie Dokumentasi
Mendokumentasikan mulai dari awal sampai akhir kegiatan.
12. Sie Transportasi
Sebagai penanggung jawab kebutuhan transportasi sebelum, selama, maupun setelah kegiatan.
2.7 JADWAL KEGIATAN
Hari/Tanggal
Waktu
Acara
Penanggung jawab
Rabu, 14 Desember 2016
08.00-08.15
Persiapan
Delia
08.15-11.45
Donor Darah
Delia
11.45-12.15
Ishoma
Septiana
12.15-13.30
Donor Darah
Delia
13.30
Selesai
Septiana



BAB III
RINCIAN ANGGARAN DANA
3.1 PEMASUKAN
NO
RINCIAN
JUMLAH
1.
Dana Osis
Rp250.000,00
2.
Kas PMR
Rp200.000,00
TOTAL
Rp450.000,00







3.2 PENGELUARAN


NO
RINCIAN
VOLUME
JUMLAH
I
Sie Kesekretariatan
1.
Print lampiran, daftar hadir, poster
4 lembar @Rp 500,00
Rp2.000,00
2.
Fotocopy lampiran, poster, surat tugas, surat undangan guru
148 lembar @Rp 135,00
Rp20.000,00
3.
Amplop
1 pack
Rp12.000,00
Total
Rp34.000,00
II
Sie Konsumsi
1.
Nasi Kotak
10 kotak @Rp 15.000,00
Rp150.000,00
2.
Air Mineral
10 botol @Rp 2.500,00
Rp25.000,00
3.
Kue
10 kotak @Rp 5.000,00
Rp50.000,00
4.
Air Mineral
1 kardus
Rp30.000,00
Total
Rp255.000,00
III
Sie Perlengkapan
1.
Fotocopy surat peminjaman
7 lembar @Rp 135,00
Rp1.000,00
2.
Properti

Rp25.000,00
Total
Rp26.000,00
IV
Sie Transportasi
1.
Bensin
1 liter
Rp10.000,00
Total
Rp10.000,00
V
Sie Dokumentasi
1.
Banner
4  x 2 m
Rp100.000,00
Total
Rp100.000,00
VI
Sekretaris
1.
Print Proposal dan LPJ
28 lembar@Rp 500,00
Rp14.000,00
2.
Fotocopy Proposal dan LPJ
81 lembar @Rp 135,00
Rp11.000,00
Total
Rp25.000,00
TOTAL I, II, III, IV, V, VI
Rp450.000,00








  

     BAB IV
PENUTUP
Demikian Proposal yang kami buat, semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar serta bermanfaat. Atas dorongan serta partisipasi dari semua pihak kami sampaikan terima kasih.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

LPJ (Laporan Penanggungjawaban) Donor Darah Sukarela

Makalah Thaharah menurut Imam Maliki

Pendidikan lingkungan hidup (PLH) tentang polusi tanah